Tuesday, April 11, 2006

MERAIH KESEMPATAN SUKSES MELALUI NICHE MARKET

Apabila Anda ingin lebih cepat meraih sukses di dunia internet, maka Anda harus terjun pada Niche Market (Pasar Ceruk) dan fokus dengannya. Yaitu, di jenis usaha atau pasar yang belum banyak dikerjakan orang.

Ada banyak macam "pasar" atau "target market" di internet. Contohnya, olahraga, musik, travelling, fashion, dsb. Pendek kata, untuk setiap kegiatan yang ada, barang atau jasa di sekitar kehidupan kita, pasti selalu ada target marketnya. Kadang sesuatu yang tidak pernah terpikirkan oleh kita ADA, ternyata ada juga "pasar" atau target marketnya.

Nah, pasar atau target market di dunia internet ini ada yang sudah banyak pemainnya & ada yang masih sedikit atau belum ada sama sekali pemainnya. Apabila kita memutuskan untuk terjun di target market yang sudah penuh sesak (banyak pemainnya), maka bersiaplah untuk berkompetisi dengan mereka-mereka yang sudah lebih dulu terjun & otomatis sudah lebih dulu
berpengalaman. Kecuali kalau kita yakin akan kemampuan kita.

Jadi, akan lebih baik bagi seorang pemula untuk memilih pasar yang masih sedikit atau belum ada pemainnya. Mengapa? Karena kita akan lebih cepat sukses tanpa perlu banyak bersaing.

Pasar yang belum banyak atau belum ada pemainnya ini dikenal dengan sebutan NICHE MARKET (Pasar Ceruk). Niche Market ini bisa dijumpai di dunia offline (nyata) maupun online (maya).

Contoh pemain yang berusaha di Pasar Ceruk di dunia offline (nyata), yaitu pendiri Aqua. Dulu di masa pendiri Aqua membuat air dalam kemasan, tidak ada orang yang percaya kalau idenya itu akan berhasil. Hampir semua orang mentertawakannya. Mana mungkin orang mau membeli air (yang selama ini tersedia dimana-mana dengan gratis) seharga sama dengan seliter bensin (pada waktu itu). Tapi, ternyata waktu membuktikan kalau Pak Tirta ini sangat sukses dengan Aquanya :)

Demikian pula di dunia online. Banyak pelaku bisnis online masuk di pasar yang sudah penuh sesak. Misal, di internet banyak sekali situs-situs penyedia busana muslim. Kalau kita tidak punya strategi marketing yang baik dalam memasarkan produk busana muslim kita, maka situs kita tidak akan pernah dikunjungi orang. Kalaupun dikunjungi, tidak terjadi transaksi penjualan. Karena konsumen sudah memiliki lebih banyak pilihan situs yang lebih baik terlebih dahulu (sudah ada pembandingnya).

Untuk mengetahui Niche Market ini perlu dilakukan riset. Hanya saja, di dunia maya (online), riset ini sudah lebih mudah dilakukan karena alat-alatnya sudah tersedia dan semuanya mudah dilacak.

Kalau Anda bergabung di sekolah Asian Brain IMC, lebih mudah lagi. Anda tidak perlu riset sendiri, semua Ahira yang kerjakan. Setiap bulan, Anda akan mendapat sekitar 30 Niche Market yang bisa Anda jadikan lahan bisnis di dunia internet. Jadi, serahkan saja pada ahlinya :)

1 comment:

infinity said...

Perkenalkan, nama saya hanli, saya juga mempunyai blog tentang marketing yaitu:
http://to-study-marketing.blogspot.com/
saya ingin bertukar link dengan ibu jika berminat.
salam
hanli

Cari di Google


Belajar Bisnis Internet Bersama Ahira. Klik Disini!!